penghapusan krl ekonomi dengan pt kereta api indonesia (pt kai) amat memberatkan pengguna jasa krl ekonomi.
terutama saudara-saudara kita dari kalangan kurang dapat karena mereka mesti dipaksa agar mau tidak ingin harus beralih ke krl ber ac ataupun commuter line yang harga tiketnya rp9.000, kata anggota komisi v dpr ri, saleh husin saat rapat mendengar masukan melalui dirjen dan direktur utama pt kai, pada gedung mpr/dpr/dpd ri, jakarta, rabu.
saleh mengakui usia krl ekonomi telah berusia cukup tua serta terbuat tahun 1974 oleh karenanya keselamatannya . telah disangsikan.
untuk tersebut pemerintah mesti segeralah mencari Jawaban yaitu buat pengguna jasa kelas bawah tersebut mesti diberikan public service obligasi (pso), misal harga wajar krl ber-ac rp 5.000. artinya, pemerintah wajib memberikan pso sebesar rp4000, tutur dia.
Informasi Lainnya:
tujuan diberikannya pso merupakan agar penduduk kecil tetap menghabiskan waktu semisal biasa serta pt kai serta tak merugi.
jadi ada win-win solution. nah langkah awal ini harus dilakukan sebelum krl tersebut dihentikan untuk pengguna jasa tetap menghabiskan waktu seperti biasa, papar saleh husin.
rapat dengar masukan (rdp) komisi v dpr ri melalui dirjen pt kai, tundjung indrawan dan dirut pt kai, ignatius johan.
rdp tersebut membahas rencana penghapusan perjalanan kereta api ekonomi serta dampak perubahan grafik perjalanan kereta api.